Penerjemah Resmi & Tersumpah : Jasa Penerjemah Resmi dan Tersumpah
  I  
Home Home Contact Kontak Sitemap Sitemap

Penerjemah Resmi & Tersumpah, Dokumen, Interpreting, Legalisasi

Penerjemah Resmi & Tersumpah

Jasa Penerjemah Resmi dan Tersumpah di BTS

Penerjemah Resmi

Penerjemah Resmi adalah seorang penerjemah yang telah mengikuti ujian penerjemahan yang di selenggarakan oleh Pusat Penerjemahan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIPB) di Universitas Indonesia (UI), dan telah dinyatakan lulus dengan nilai A (minimal angka 80) untuk penerjemahan bidang hukum.

Terjemahan Resmi di gunakan untuk penerjemahan dokumen-dokumen resmi milik pemerintah, perusahaan swasta nasional atau perusahaan asing dan individu untuk berbagai keperluan formal atau resmi, seperti dokumen perundang-undangan peraturan pemerintah, putusan peradilan, akta notaris, kontrak perjanjian, akta perusahaan, laporan keuangan, akta lahir, akta kematian, akta pernikahan, akta perceraian, ijazah, dan berbagai dokumen lainnya dengan disertai pernyataan tertulis (Affidavit) dari penerjemah resmi yang bersangkutan.

Saat ini penerjemah resmi di Indonesia masih terbilang sedikit, berbagai penerjemah bahasa asing yang sudah memiliki SK dari Gubernur DKI Jakarta adalah penerjemah resmi bahasa inggris, penerjemah resmi bahasa arab, penerjemah resmi bahasa mandarin (chinesee), penerjemah resmi bahasa jepang, penerjemah resmi bahasa jerman, penerjemah resmi bahasa belanda, penerjemah resmi bahasa perancis, penerjemah resmi bahasa italia, penerjemah resmi bahasa spanyol, dan penerjemah resmi bahasa portugis.

Terjemahan resmi atau penerjemahan secara resmi memang memiliki kekuatan hukum dalam berbagai bentuk bahasa terjemahan.

Layanan dari seorang penerjemah resmi antara lain adalah untuk mengalih bahasakan melalui terjemahan dokumen resmi dan secara penerjemahan lisan / interpreting simultaneous.

Dari sekian banyaknya penerjemah, sudah tahukah Anda mengenai seorang penerjemah resmi..?

Kami dari kantor penerjemah resmi dan tersumpah memberi saran ketika Anda sedang membutuhkan jasa seorang penerjemah resmi & tersumpah adalah dengan menanyakan apakah sudah memiliki ijin menterjemahkan melalui BAP (Berita Acara Penerjemahan) SK Gubernur.

Tanyakanlah terlebih dahulu kepada penyedia jasa penerjemah yang akan Anda pakai jasanya.

Penerjemah Tersumpah

Dibandikan dengan Penerjemah Resmi, Penerjemah Tersumpah memiliki ijin yang lebih valid dengan adanya acara Sumpah Penerjemah dan dengan diterbitkannya SK Penerjemah Tersumpah.

Tidak mudah untuk menjadi seorang penerjemah tersumpah, karena calon seorang penerjemah tersumpah harus mengikuti ujian penerjemahan dan harus lulus dengan nilai A (minimal angka 80) untuk penerjemahan bidang hukum. Yang mengadakan ujian untuk menjadi seorang penerjemah tersumpah adalah oleh pusat penerjemahan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIPB) di Universitas Indonesia (UI).

Sumpah PenerjemahJadi tidak mengherankan jika seorang penerjemah tersumpah memiliki kemampuan menterjemahkan lebih fasih dan baku dibandingkan dengan seorang penerjemah biasa.

Selanjutnya, calon seorang penerjemah tersumpah akan melakukan sumpah penerjemah di hadapan Pemda DKI Jakarta (dalam hal ini Gubernur). Adapun isi dari sumpah penerjemah itu adalah sebagai berikut;

  • Demi Allah, saya bersumpah;
  • Bahwa saya, untuk diangkat sebagai penerjemah, dari bahasa ( ............. ke ............. ), baik langsung maupun tidak langsung, dengan nama atau dalil apapun, tidak memberikan sesuatu, atau menjanjikan memberikan sesuatu kepada siapapun juga;
  • Bahwa tugas-tugas jabatan saya itu, akan saya penuhi dengan kebenaran sesungguhnya, dan akan saya lakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dan secapat mungkin;
  • Bahwa saya, akan mentaati menurut kebenaran yang sesungguhnya, menerjemahkan surat-surat yang diberikan kepada saya, tanpa menambah maupun mengurangi maksudnya;
  • Bahwa saya, dalam memperhitungkan penghasilan, akan tunduk kepada ketentuan yang dibuat, atau akan dibuat oleh pemerintah;
  • Bahwa saya, tidak akan mengumumkan segala sesuatu, yang harus dirahasiakan dalam tugas jabatan saya;
  • Bahwa saya, untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu, dengan dalil apapun, yang bertentangan dengan sumpah ini, tidak akan menerima baik langsung maupun tidak langsung, dari seseorang sesuatu janji atau hadiah.

Demikianlah butir-butir isi dari Sumpah Penerjemah yang berlangsung dihadapan Pemda DKI Jakarta.

Jika Anda hendak menggunakan jasa seorang penerjemah tersumpah dari kantor penyedia Jasa Penerjemah Resmi & Tersumpah, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu apakah sudah memiliki ijin mengalih bahasakan atau mintalah fotocopy sertifikat Penerjemah Tersumpah.

 

 

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

iklan
Situs Iklan Elektronik Terbaik Lazada.co.id
Facebook Fan Page